Paus kelabu mampu Bermigrasi Sejauh 20.000 Pertahunnya

Bismillah

Dari beberapa pembaca mungkin sudah banyak yang mengegtahui tentang Paus Kelabu. Kali ini Admin akan memberi sedikit informasi dari paus kelabu ini.


Paus kelabu (Eschrichtius robustus) merupakan paus balin. Disebut paus balin karena paus ini memiliki sistem penyaring makanan di dalam mulutnya. Paus Kelabu ini setiap tahunnya melakukan migrasi antara tempat berkembang biak dan juga tempat mencari makan.

Migrasi paus yang satu ini adalah migrasi mamalia dengan jarak terpanjang yang diketahui oleh para peneliti saat ini. Yang mana rute dari migrasi ini adalah dari perairan antartika (tempat mencari makan) sampai ke perairan  Kolombia dan panama (tempat paus kelabu berkembang biak). Berapa jauh itu? jaraknya kira-kira 16.000-20.000 KM.

Migrasi paus yang satu ini merupakan migrasi paus yang paling mudah untuk ditonton. lokasinya menyusuri pantai Meksiko, Amerika, kanada sampai ke Alaska.

Penyebab pausini bermigrasi dengan jarak yang jauh karena, paus kelabu mencari tempat yang kaya dengan sumber makanan pada musim panas di Alaska sedangkan mencari laguna yang hangat dan terlindungi untuk melakukan proses perkembangbiakan di meksiko. Umur rata-rata dari paus ini adalah 40 tahun.

Seperti paus pada umumnya, paus ini pergi ke permukaan untuk bernapas, karena itulah paus ini dapat mudah dilihat oleh orang-orang setiap melakukan migrasi. paus Kelabu ini pernah masuk dalam spesies hewan yang hampir punah loh pada abad ke-20an ini dikarenakan paus ini dahulunya diburu secara besar-besaran.Tapi hari ini paus biru masuk dalam hewan yang dilindungi dalam hukum Internasional. pada tahun 1994 paus ini di hapus dari daftar spesies hewan terancan punah oleh Amerika  serikat.

Berkomentarlah dengan sopan, santun dan bijaksana. Ralf

Comments

Popular posts from this blog

9 Hal Unik Tentang Senyuman Bagi Kehidupan Sosial dan Kesehatan

Apa Itu Ziddu?

phantom 1