10 Negara Dengan Wilayah Terkecil di Dunia

Bismillah..
Kita ketahui bahwa negara merupakan suatu wilayah yang mana disana terdapat suatu pemerintahan. Terdapat suatu aturan yang berlaku bagi setiap indovidu yang tinggal di negara tersebut. Syarat suatu negara adalah memiliki rakyat dan mendapat suatu pengakuan dari negara lain. Suatu negara memiliki peraturan snediri dan berdiri secara independen. Namun, negara tidak selalu harus memiliki wilayah teritorial yang luas. Terdapat beberapa negara yang memiliki luas wilayah tidak lebih dari 1000 KM persegi.

Negara mana sajakah yang memiliki luas wilayah terkecil di dunia?. Berikut 10 negara dengan wilayah terkecil di dunia.


10. Malta (316 km persegi)



Malta merupakan sebuah negara yang terletak di laut Mediterania di Eropa. Malta memiliki 5 pulau, 3 diantaranya berpenghuni. Malta merupakan negara tujuan pariwisita dengan iklim yang hangat, di sini terdapat banyak tempat rekreasi, monumen dan arsitektur bersejarah.

9. Maladewa (300 km persegi)




Suatu kepulauan yang sangat cantik yang terletak di sebelah selatan Barat-Daya india, sekitar 700 km dari Sri Langka. Puncak tertinggi negara ini hanya sekitar 2.3 meter, oleh karena itu negara ini disebut-sebut sebagai negara dengan puncak terendah di dunia. Disini terdapat banyak pantai yang indah sehingga menarik turis  kurang lebih 700.000 orang pertahunnya.

8. Saint Kitts and Nevis (261 km persegi)




Sebuah negara Federasi dari dua pulau yang terletak di kepulauan Leewand, Karibia. Tempat ini merupakan tempat dimana orang-orang Eropa pertama kalinya mendarat di kepulauan Karibia. Negara ini merupakan yang terkecil di Amerika.

7. Kepulauan Marshall (181 km persegi)




Terletak di samudra Pasifik bagian barat, negara memiliki beberapa kemiripan dengan Indonesia, salah satunya kemiripan pada mukanya, karena sama-sama memiliki darah keturunan (Mikronesia). Pada perang dunia kedua, negara ini mengambil peran yang cukup besar, karena pengujian bom atom dilakukan di negara ini.

6. Liechtenstein (160 km persegi)



Terkurung oleh dua daratan. Lokasinya terletak di sungai Rhein diantara negara Austia dan Swiss. Ibu kota negara ini bernama Vadus, merupakan negara satu-satunya yang membentang sepanjang pegunungan Alpen. Negara ini dipimpin oleh seorang pangeran.

5. San Marino (61,2 km persegi)




Merupakan negara tertua di dunia yang berdiri pada tanggal 3 septemberr 301 oleh Santo Marinus seorang tukang kayu kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh kaisar Romawi Diocletian. San Marino menjjadi anggota majelis Eropa 1988 dan anggota PBB pada 1992.  Negara ini bukan negara Uni Eropa namun mengadopsi Uero sebagai mata uang karena sistem keuangannya terintegrasi oleh Italia.

4. Tuvalu (26 km persegi)



Dahulunya dikenal sebagai kepulauan Ellice, merupakan polinesia yang terletak di antara Hawai dan Australia. Negara ini terdiri dari 3 pulau karang dan 5 Atol benar. Penduduk pertama Tuvalu merupakan Polinesia. Seperti terlihat pada gambar, negara ini hanya memanjang seperti ular.

3. Nauru (21 km persegi)



Merupakan sebuah negara kecil yang terletak di samudra fasifik bagian selatan, 42 kilometer di bawah garis katulistiwa dan di sebelah selatan kepulauan Marshall. Jarak dari Nauru ke pulau Papua kira-kira sama jaraknya dengan Pulau Papua ke Pulau Jawa. Negara ini menyandang predikat sebagai negara yang berbentuk republik terkecil di dunia dan merrupakan satu-satunya negara tanpa ibu kota yang tetap. Penduduk di negara ini paling sedikit di dunia setelah Vatikan. Sejak Desember 2005 Hingga September 2006, Nauru terisolasi dari dunia luar akibat satu-satunya maskapai penerbangan (Nauru Air) memutuskan untuk berhenti beroperasi. Jalan satu-satunya untuk keluar dari keterrisolasian adalah jalur laut. Pada akhirnya maskapai penerbangan Nauru Air kembali beroperasi dengan nama baru yaitu Our Airline atas bantuan Republik Tiongkok. Di negara ini hanya terdapat satu bandara yang bernama Bandara Internasional Nauru.

2. Monako (1,95 km persegi)



Negara berdaulat yang terletak di Côte d'Azur Eropa barat. Monako memiliki warna benderra yang serupa dengan negara Indonesia, perbedaannya terletak pada ukuran perbandingan lebar dan panjangnya. Dalam persepak bolaan, monako bukan merupakan anggota EUFA dan tidak berpartisipasi dalam pertandingan internasional. Namun, monako memiliki salah satu klub tersukses AS Monaco FC di Ligue 1 Prancis.

1. Vatikan (0,44 kilometer perrsegi)



Vatikan atau lebih lengkap disebut kota Vatikan, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan merupakan negara merdeka terkecil di dunia.  Kota Vatikan terletak di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari sungai Tiber.

Itulah 10 negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Ternyata terdapat suati negara yang besarnya tidak sampai 1 kilometer persegi. Semoga bermanfaat. Berilah komentar dengan sopan, santun dan bijaksana.
Ralf.

Comments

Popular posts from this blog

9 Hal Unik Tentang Senyuman Bagi Kehidupan Sosial dan Kesehatan

Apa Itu Ziddu?

phantom 1