Pengaruh Budaya asing di Indonesia

Bismillah..
Kebudayaan merupakan suatu identitas bangsa, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang luar biasa. Di setiap daerah, bisa saja terdapat satu budaya atau lebih. Bahkan beberapa dari budaya kita sempat diClaim oleh negara lain.

Budaya sendiri merupakan suatu cara hidup yang dilakukan secara turun-temurun. Budaya dapat terbentuk dari kebiasaan yang telah dijalani dari generasi ke generasi. Dalam melaksanakannya, tidak terdapat perubahan signifikan sehingga apa yang telah diajarkan oleh generasi sebelumnya tetap terjaga.



Jika kita berbicara budaya Timur.
Orang-orang di Timur sebagian besar budayanya berdasarkan dari pemahaman agama. Sesuatu yang baik bagi budaya orang timur adalah sesuatu yang berasal dari zat yang satu. Orang timur lebih memilih untuk menggunakan hati dalam membentuk suatu kebudayaan. Kesenangan yang dipikirkan oleh orang timur biasanya tidak hanya berdasarkan kesenangan dunia, namun budaya timur juga mementingkan filosofi tentang kehidupan setelah kematian. Indonesia merupakan salah salah satu Negara yang menjunjung Adat dan kebudayaan Timur.

Jika kita berbicara budaya Barat.
Macam-macam kebudayaan dari dunia barat sepertinya tercipta untuk menyelisih adat dan kebudayaan dari Timur. Dunia barat lebih menekankan kehidupan yang objektif, yang artinya semua yang terjadi di dunia harus dibuktikan dengan akal. Ritual keagamaan di dunia barat terkadang dianggap tidak masuk akal. Begitupun dengan tata krama, biasaya orang barat cenderung tidak peduli dengan orang disekitarnya.


Dari penjelasan singkat mengenai Timur dan Barat, dapat kita pahamai bahwa barat dan timur seperti berada dalam dunia yang berbeda. Timur dan Barat memegang prinsip hidup yang bertentangan.

Pengaruh kebudayaan Barat di Indonesia
Indonesia adalah negara yang memegang unsur ketimuran. Sayang memang, negara yang kaya akan budaya ini mulai melupakan norma-norma kebaikan yang telah diajarkan secara turun-temurun. Sekarang pengaruh negara barat sedikit demi sedikit sudah mulai mengubah karakter anak bangsa. Coba lihat kembali tulisan diatas! Indonesia lebih dekat dengan budaya Barat atau budaya Timur?
jawabannya adalah negara Barat.

Indonesia sekarang mengalami krisis budaya dan krisis sosial. Kenapa admin mengatakan demikian? karena, sekarang pemuda-pemuda Indonesia sudah tidak terlalu mengenal lagi budayanya sendiri, seakan kita sekarang berada di negeri yang asing. Pemuda-pemudi sekarang lebih senang menggunakan pakaian yang mirip idolanya, pemikiran pemuda kita mulai dimoderenisasi dengan kemajuan teknologi yang ada, budaya tauran antar pelajar marak terjadi, tata krama terhadap sesama sudah mulai pudar.
dimana Karakter bangsa Indonesia yang dulu? jawabannya, sudah tergerus oleh jaman.

Sebagai orang yang terlahir di Indonesia yang memegang prinsip ketimuran, sebaiknya kita mulai merintis kembali apa yang telah diwariskan kepada kita. Jangan sampai kita tergerus oleh  kemajuan jaman.

Hanya sedikit yang admin dapat bagikan kali ini. Semoga bermanfaat. Berilah komentar dengan sopan, santun dan bijaksana.

Comments

Popular posts from this blog

9 Hal Unik Tentang Senyuman Bagi Kehidupan Sosial dan Kesehatan

Apa Itu Ziddu?

phantom 1