Petir dan Faktanya

Bismillah..
Pernahkan sobat melihat cahaya putih di angkasa seperti ular yang meliuk-liuk seolah-olah membelah langit? setelah melihat cahaya tersebut, Pernahkan mendengarkan suara dentuman yang sangat besar?
Untuk memberikan jawaban pertanyaan di atas, kali ini Admin akan membahas tentang kilat dan guruh (guntur).



Kilat, Petir atau Halilintar adalah gejala alam yang biasanya terjadi pada musim hujan, namun petir juga dapat terjadi walaupun tanpa badai dan hujan. Fenomena ini merupakan fenomena kilatan cahaya sesaat yang berada di angkasa dan menyilaukan. Petir terjadi karena perbedaan potensial antara awan dan Bumi atau awan dengan awan lainnya. Ketika Muatan listrik Petir terhubung ke Bumi, inilah yang disebutkan sambaran petir.

Guruh, guntur atau geledek adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan gelombang kejut suara yang dihasilkan dari pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat ketika dilewati sambaran petir. Sambaran tersebut menjadikan udara berubah menjadi plasma dan langdung meledak, menimbulkan suara yang bergemuruh.Guruh biasanya terdengar bebeapa saat setelah kilat terlihat, ini dikarenakan kecapatan cahaya lebih cepat daripada kecepatan suara.

Kecepatan cahaya : 299.399 kilometer perdetik.
kecepatan suara : 1.126 kilometer perjam. (bervariasi tergantung temperatur, kelembaban dan tekanan udara).

Terdapat beberapa fakta unik tentang petir dan guruh yang akan admin bagikan.


  1. Petir memanaskan udara disekitarnya, udara mengambang dan bergetar sehingga mengakibatkan guruh.
  2. Petir membunuh sekitar 2000 orang pertahun.
  3. Petir membunuh lebih banyak orang sekitar 75-100 orang daripada badai.
  4. Badai petir umumnya terjadi di pegunungan.
  5. Petir dapat terdengar 15 mil jauhnya dan cahya kilat dapat terlihat sekitar 100 mil.
  6. Sebuah sambaran petir rata-rata menghasilkan energi yang cukup untuk menghidupkan bola lampu listrik 100 watt selama 3 bulan lebih.
  7. Terdapat peristiwa bola petir, dimana petir berbentuk seperti bola yang mengapung di udara. Ilmuan belum dapat menjelaskan kenapa fenomena ini dapat terjadi.


Itulah informasi tentang petir dan guruh, semoga bermanfaat. Jika terdapat kesalahan tulisan atau informasi pada postingan ini mohon kritik dan sarannya agar dapat diperbaiki. Berilah komentar dengan sopan, santun dan bijaksana. Terimakasih telah membaca.Ralf

Sumber :
easyscienceforkidsWikipediaSisi lain dunia

Comments

Popular posts from this blog

9 Hal Unik Tentang Senyuman Bagi Kehidupan Sosial dan Kesehatan

Apa Itu Ziddu?

phantom 1